Bunga Termahal, Epiphyllum Anguliger

5:57 AM oryza.sativa 4 Comments

Niat awalnya adalah menambah koleksi tanaman bunga. Bukan tanaman bunga langka --karena pasti repot mencarinya-- tetapi tanaman bunga mahal, hahaha gaya yeeee,,, yaa sekadar tahu bunga apa aja yang mahal, soal belinya ya belum tentu.. hehehe. Setelah browsing dapat artikel di therichest.com tentang 10 Bunga termahal di dunia. Artikel itu menyebutkan bunga yang paling mahal atau tidak bisa diberi harga a.k.a priceless adalah Kadupul flower.

The reason why the Kadupul Flower does not have a price tag is not only because it is rare, but it is a flower that cannot be picked without causing damage to it. In addition, it dies before dawn. The flower is actually a cactus of sort. It only blossoms at night and emanates a calming, lovely fragrance. It will only last for hours after being picked and has never made it to the shops, not even online. It is the flower that cannot be bought. (http://www.therichest.com/luxury/most-expensive/the-worlds-ten-most-expensive-flowers/)

Ketika lihat penampakan fisiknya di website tersebut, batin mengakui bahwa SubhanAllaaaah luar biasa indahnya,, mahkotanya kompleks banget! 


epiphyllum anguliger
https://www.arenaflowers.com/blog/wp-content/uploads/2011/07/KadupulFlower1.jpg

Awalnya sama sekali tidak tahu tentang keberadaan bunga ini, ternyata setelah searching lebih lanjut, kita di Indonesia menyebutnya Wijaya Kusuma -- ooo ternyata wijaya kusuma itu nama bunga, selama ini tahunya nama jalan..-- Bunga ini juga disebut sebagai Ratu Malam, karena mekar di tengah malam dan tidak bertahan lama, hanya sampai Subuh lalu kuncup lagi. Saat mekar bunga ini terlihat sangat indah dan yang paling istimewa adalah aroma harum semerbak yang menyertainya dan katanya.. siapa yang lihat bunga ini mekar, akan mendapat keberuntungan.

Oke! kalau begitu, harus punya! 

Pencarian dimulai dari kebunbibit.id, ternyata ada dijual dalam bentuk stek daun, tapi pengalaman beli tanaman di kebunbibit membuat berpikir dua kali untuk beli lagi. Lalu saya coba cari di tukang tanaman di sekitaran Bangkalan-Kamal, hasilnya nihil. Sempat berpikiran apa beli dari kebunbibit saja, ah tidak, beli dari kebunbibit adalah opsi terakhir!. Akhirnya saya jadikan topik di salah satu grup social messanger yang saya ikuti yang isinya hanya 7 perempuan yang berteman sejak SMA, dan.... langsung membuahkan hasil! Ibu salah satu teman dekat saya di grup itu ternyata punya koleksi wijaya kusuma di rumahnya............ di Tangerang..........teman saya kerja di Jakarta .......... dan pulang sebulan sekali.......... lalu saya di Madura........ jauh yaa.. lama ya....pupus sudah untuk bisa dengan segera memiliki hikhikhik. 

Kalau mengandalkan teman saya, butuh waktu lama untuk bunga ini sampai ke tangan, sedangkan saya sudah tidak sabar ingin punya merawat dan menunggu mekarnya. Oke gak apa-apa ini menunjukkan bahwa mencari bunga ini insyaAllah tidak sulit. Tetap semangat! poinya adalah teman saya itu sudah menjanjikan akan mengirimi saya batangannya.

Ternyataaa..rejeki memiliki bunga ini datang lebih cepat dari perkiraan saya. Beberapa hari setelah ngobrol di grup tadi, saya dan mas Adam ke Blitar. Saya wanti-wanti dari awal ke mas Adam bahwa saya mau hunting tanaman di Blitar, siapa tahu harganya lebih murah dari di Bangkalan, dan bener dong pemirsaa  tak disangka tak diduga saya menemukan wijaya kusuma! di salah satu tukang tanaman pinggir jalan di Blitar. Tanpa berpikir dua kali saya langsung memboyong dua anakan wijaya kusuma yang ada, setelah menawar harga tentunya hehehe. Si abang tanaman buka harga @Rp.25.000, tetapi melihat ukuran anakan bagi saya harga itu terlalu tinggi, saya tawar @Rp.10.000. Si abang awalnya menolak tetapi akhirnya setuju.. Alhamdulillaaah.. Akhirnya saya punya! #girang

Kadupul flower bud on the way from Blitar to Madura

Safe and sound at home
Begitu sampai rumah langsung pindahkan ke pot. Info yang saya dapat perpaduan media tanam untuk Wijaya Kusuma adalah sekam + pasir + tanah. Siram 2-3hari sekali. oke noted!

Kuncup bunga di gambar hanya berumur seminggu, karena rontok ketiban mangga tetangga yang pohonnya pas menaungi halaman depan saya.. hikhikhik, jadi harus menunggu calon bunga baru. Semangat !!! Asal sudah ada pohonnya insyaAllah dalam waktu yang walaupun belum bisa ditentukan, akan juga menikmati bunganya.. Amiin. Setidaknya sekarang udah bisa gaya,, wooi di rumah gue ada bunga paling mahal sedunieee hehehehe.

Bangkalan, 2015

PS: Belanjaan lain dari Blitar 

check out from Blitar's plant nursery
Cempedak IDR15.000
Dracaena Marginata Tricolor IDR6000
White Agave IDR12500
Kalanchoe IDR5000
Aureum Variegata IDR2500

Another check out, Norfolk Pine Tree and the dream come true Bromelia Royal Cordovan, huge and cheap!
Norfolk Pine tree IDR15000
Bromelia Royal Cordovan IDR30000

4 comments:

  1. bagus bagus banget ya bunga nya.. jadi kepingin deh hhehehe... kira kira kalo pesan lewat Diana(www.halodiana.com) bisa ga yak.. pengalam saya sih menggunakan Layanan Diana membantu banget. heeheh

    ReplyDelete
  2. Kadupul flower yg sangat mahal harganya, kayanya berbeda jenisnya dng wijayakusuma Krn kalo mekar beda kelopak kadapul kecil n memanjang, kalo wijayakusuma kelopaknya lebih lebar, tp kalo diliat2 sih msh satu family, apalagi jangka waktu mekarnya sebentar dan cuma mlm hr, kalo dilihat ada juga wijayakusuma mini yg lebih lama mekarnya, biasanya jd tanaman gantung, bunga n tanamannya lebih kecil

    ReplyDelete
  3. Saya lagi browse juga. Bunga kadupul itu berbeda spesies dengan wijaya kusuma. Tapi sodara deket. Nama Latin Kadupul : epiphyllum oxypetlum. Nama latin wijaya kusuma : epiphyllum anguliger. Dan bener ternyata harga kadupul asli bener2 selangit. Kalau wijaya kusuma murah

    ReplyDelete